Minggu, 06 Mei 2012

8 Filsafat Kehidupan (Chinese Book of Wisdom)

1) Hujan deras adalah tantangan. Jangan minta agar hujan dikecilkan, tapi mintalah payung yang lebih besar.
Saya benci hujan dan saya selalu berusaha menghindari hujan. Saya mengganggap hujan itu adalah suatu masalah yang besar bagi saya. Tapi hal itu bukan berlaku ketika saya membenci hujan, terkadang kita pun bersikap seperti itu. Kita cenderung menghindari masalah padahal masalah ada bukan untuk dihindari tapi untuk diselesaikan. Hal ini tergantung dari hati kita masing-masing apakah kita mau memperbesar kapasitas hati dan otak kita yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah-masalah kita atau kita tetap dengan kapasitas hati dan otak yang sama? Sehingga kita terkena basahan dari hujan tersebut.

2) Waktu banjir, ikan makan semut & waktu banjir surut, semut yang makan ikan (Ada gilirannya kepada setiap orang).
Dalam hidup selalu ada pola (pattern). Pola dimana terkadang dalam kondisi tersebut kita berada di atas tapi terkadang kita juga harus berada dibawah. Terkadang kita harus menerima suatu penurunan, karena setiap penurunan adalah suatu awal dari kebangkitan. Terkadang kita harus turun untuk naik sehingga ketika kita naik kita dapat menggingat setiap masa ketika kita berada di bawah.

3) Hidup bukanlah peduli dipermulaan saja, tapi seberapa besar kepedulian kita sampai akhir.
Dalam hidup kita harus peduli akan setiap tanggung jawab yang diberikan kepada kita. Terkadang, kita seperti "panas-panas tai ayam", ketika baru kita bersemangat dalam menjalani setiap tanggung jawab yang diberikan kepada kita atau tingkat kepedulian kita masih besar. Tapi ketika berjalannya waktu kepedulian itupun semakin menipis. Terkadang kita harus mempunyai terhadap diri kita sendiri dan dengan konsisten menjalankan pekerjaan kita dari awal hingga akhir. Skill yang baik harus di imbangi dengan tingkat Professionalitas kita.

4) Orang sering "melempar batu" dijalan kita. Tergantung kita mau mambuat batu itu jadi "Tembok atau Jembatan".
Terkadang kita merasa risih ketika orang melempar batu dijalan kita. Terkadang kita terlalu tidak meresponi dengan baik setiap rintangan yang menghalangi jalan kita padahal setiap rintangan yang ada dapat berguna untuk membangun setiap karakter kita menjadi semakin lebih baik ke depannya. Ingat respon positif terhadap setiap rintangan yang kita alami dapat membangun karakter kita menjadi lebih baik daripada kita yang sekarang ini.

5) Setiap masalah punya (n+1) solusi, dimana dan adalah solusi2 yang telah dicoba, dan 1 adalah yg belom dicoba.
Dalam menghadapi masalah terkadang kita terlalu monoton, dan terkadang kita "stuck" dalam permasalahan terseut karena menurut kita semesti nya dapat kita selesaikan dengan cara yang sama tapi ternyata itu tidak bisa. Satu hal yang harus kita tanamkan dalam diri kita, ketika kita berada disuatu masalah, gunakanlah otak kita dengan maksimal. Ada banyak solusi-solusi yang elum pernah kita coba lakukan. Jangan terlalu monoton terhadap suatu pola tapi tingkatkan kreatifitas kita sehingga kita dapat menemukan pola-pola yang baru. Jadilah Flexible..

6) Tidaklah penting untuk punya semua 'kartu bagus' dalam kehidupan, yang penting adalah seberapa bagus anda memainkannya.
Menang atau kalah nya kita dalam kehidupan kitatidak ditentukan dari seberapa baik fasilitas yang kita miliki, tapi seberapa pandaikah kita dalam memainkan setiap kartu yang ada. Terkadang kita terlalu mendramatisir setiap permasalahan yang ada karena kartu-kartu jelek yang ada ditangan kita, tapi merupakan sebuah tantangan bagi kita untuk memainkan setiap kartu yang jelek itu menjadi kartu-kartu yang berguna sehingga kita dapat bermain dengan baik. Terkadang dengan mendapatkan kartu yang bagus pun kita menjadi terlena akan kebagusan kartu tersebut. Banyaknya kartu bagus yang kita miliki dapat menjadi boomerang bagi kita karena dengan kartu-kartu bagus yang kita punya terkadang kita terlalu santai dalam suatu permainan. Ingat banyak nya kartu bagus tidak menjamin anda lah yang menjadi pemenang nya.

7) Seringkali saat kita putus asa dan mengira ini adalah akhir. Tenanglah dulu.. itu baru belokan, belum akhiran. Milikilah iman yg teguh dan kokoh.
It's not over, so never dream it's over. Sering kali kita putus asa terhadap keadaan yang ada. Seringkali kita berpikir ini adalah akhir dari segalanya. Tapi semua itu bukanlah akhir tapi itu adalah simpangan jalan yang seringkali kita liat jalan buntu tapi ternyata ada belokan yang dapat kita lalui. So, ketika kita berpikir ini jalan buntu, jangan lah mundur. Pastikan terleih dahulu jangan mundur dan berbalik arah, tapi pastikan apakah benar buntu atau tidak? so, Don't dream it's over, because it's not over.

8) Hanya ada 2 tipe manusia yang berbahagia didunia ini: orang gila dan anak2. Maka jadi gilalah utk mendapatkan apa yg anda inginkan dan jadi anak2lah utk menikmati yg telah anda dapatkan.
Hidup harus memiliki mimpi dan tujuan tetapi banyak dari kita hanya bermimpi dan bercita-cita saja, sama hal nya seperti "Day Dreaming" di siang hari atau bermimpi disiang hari. Hal yang mesti nya kita lakukan adalah ketika kita memiliki mimpi tersebut, jadilah orang gila yang tidak segala kesusahan yang ada, tapi jadilah bahagia dan senang dalam melakukan segala hal yang ada untuk mencapai cita-cita kita setelah itu, jadilah anak-anak untuk menikmati segala sesuatu yang anda telah capai dalam kehidupan anda.

Tidak ada komentar: