Selasa, 24 April 2012

Ilmu Menotok Jalan Darah (Tiam-hiat-hoat)

Di dalam cerita silat, jago kungfu dengan sekali menotok saja dapat membuat seseorang tidak mampu bergerak selama berjam-jam lamanya, di manakah letak prinsip ilmiahnya?






Menotok titik akupunktur (lebih dikenal dengan totok jalan darah) adalah salah satu metode pengobatan dalam kedokteran tradisional Tiongkok, yang sudah diwariskan turun temurun di Tiongkok selama ribuan tahun.

"Meridian sesungguhnya adalah saluran energi di dalam tubuh manusia; sedangkan titik akupunktur adalah sejumlah titik krusial terpenting yang ada di sepanjang saluran energi tersebut."

Begitulah definisi meridian dan titik akupunktur itu dengan penjelasan sederhana yang disimpulkan oleh Li Youfu, seorang dosen ilmu kedokteran tradisional Tiongkok Universitas Alhambra, Los Angeles.

Dalam Pengobatan tradisional China, Meridian (Hanzi: 经络; pinyin: jīngluò) merupakan jaringan jalan chi (energi) yang tersebar di dalam tubuh. Jika darah mempunyai jaringan sirkulasi darah, dan syaraf mempunyai jaringan syaraf, maka energi juga mempunyai jaringannya sendiri yaitu meridian.

Meridian adalah jalur lalu lintas energi dalam tubuh. Dan sebagaimana lalu lintas, pada meridian ada jalur/jalan, ada hambatan, ada persimpangan, ada titik awal, ada titik akhir dan sebagainya. Jika jalan energi pada meridian lancar, maka akan tercipta keharmonisan dalam tubuh, dan tubuh kita mampu melawan penyakit, sebaliknya jika terjadi hambatan pada meridian maka akan muncul gangguan kesehatan.

Yang membedakan meridian dengan jaringan lain dalam tubuh adalah jaringan darah dan syaraf dapat terlihat oleh mata, sedangkan jaringan meridian tidak terlihat walaupun nyata. Dalam ilmu kedokteran modern, rahasia teori jalur energi meridian ini masih belum terungkap karena saat ini belum ada alat yang bisa mendeteksinya, akan tetapi teori ini sudah dibuktikan manfaatnya selama ribuan tahun.

Fenomena teori meridian mungkin sama dengan keberadaan nyawa pada mahluk hidup. Keberadaan nyawa sangat penting bagi kehidupan tapi belum ada yang bisa mengungkap rahasia keberadaannya. Jadi keberadaan meridian belum dapat dibuktikan secara fisik menurut ilmu kedokteran, walaupun riset telah menunjukkan bagaimana transmisi dari informasi dari chi dapat berhubungan di bagian-bagian internal manusia.


Jalur Meridian Dan Titik Akupunktur


Di dalam jalur meridian mengalir 2 macam arus energi, yaitu energi "Yang" (positif, panas) dan energi "Ying" (negatif, dingin). Manusia atau bagian tubuh manusia akan sehat apabila arus energi yang melalui meridian terdapat keseimbangan antara arus energi "Yang" dan arus energi "Ying". Kalau "Yang" dan "Ying" tidak seimbang maka manusia akan terganggu kesehatannya atau sakit.

Kelebihan energi "Yang" akan menimbulkan gangguan atau sakit dengan gejala kelebihan energi misalnya panas, kejang-kejang, rasa nyeri. Kelebihan energi "Ying" atau kekurangan energi "Yang" akan menimbulkan gangguan atau sakit yang ditandai dengan gejala kekurangan energi misalnya dingin, lumpuh, baal/mati rasa/anaesthesia.

Di titik-titik tertentu pada meridian terdapat pusat kontrol yang mengatur arus energi "Yang" dan "Ying" untuk suatu bagian tubuh atau organ tertentu. Titik inilah yang dikenal sebagai titik akupunktur. Apabila terdapat kelebihan energi "Yang" di suatu bagian tubuh atau organ tertentu maka sinshe akan menusuk titik akupunktur untuk menghambat aliran energi "Yang" sehingga tercapai keseimbangan antara energi "Yang" dan "Ying". Apabila terdapat kelebihan energi "Ying" atau dengan kata lain kekurangan energi "Yang" maka sinshe akan menusuk titik akupunktur lalu memutar-mutar jarum akupunktur untuk merangsang energi "Yang" sehingga tercapai keseimbangan antara energi "Yang" dan "Ying". Jadi yang dilakukan pada akupunktur adalah merangsang atau menghambat energi "Yang".

Perkembangan selanjutnya dari akupunktur adalah:
1. Memasukkan obat melalui jarum dengan menggunakan jarum akupunktur yang berlubang di tengahnya.
2. Menghubungkan jarum akupunktur dengan arus listrik lemah (arus DC).
3. Menekan titik akupunktur dengan jari atau benda tumpul (accupressure)

Fungsi meridian antara lain:
•    Penghubung bagian tubuh sebelah atas dan tubuh sebelah bawah
•    Penghubung bagian tubuh sebelah kanan dan tubuh sebelah kiri
•    Penghubung organ-organ dalam dengan permukaan tubuh
•    Penghubung organ-organ dalam dan alat gerak
•    Penghubung organ-organ dalam dengan organ-organ dalam lainnya
•    Penghubung organ dalam dengan jaringan penunjang tubuh
•    Penghubung jaringan penunjang tubuh dengan jaringan penunjang tubuh lainnya.

Hubungan ini terbentuk menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang beraksi bersamaan terhadap rangsangan yang berperan dalam pertahanan tubuh. Akan tetapi, jika ada penyakit masuk ke dalam meridian, maka meridian bisa menjadi jalur penyakit untuk menyebar dalam tubuh, karena itu kita harus merangsang titik-titik pada meridian untuk mengusir penyakit.

Meridian terletak di dalam tubuh, letaknya bervariasi tergantung jalurnya. Jalur meridian ada yang melewati sela-sela tulang, ada yang berada di sela-sela otot, dan karena wujudnya yang tidak nyata ada juga yang menembus atau menyelimuti organ. Sebagian organ ada yang muncul dekat dengan permukaan kulit.




Ada sekitar 400 titik akupunktur dan 20 meridian yang menghubungkan sebagian besar titik, namun di abad ke-2 ini, ada 649 titik akupunktur yang dikenal di Cina. 20 meridian yang disebut di atas tadi terdiri dari "Dua Belas Saluran Meridian Utama", yang masing-masing berhubungan dengan organ-organ tertentu; memberi makanan dan meluas hingga yang paling ekstrim. Dan "Delapan Saluran Meridian Ekstra", di mana dua di antaranya memiliki rangkaian titik-titik sendiri, sedangkan sisanya menghubungkan titik-titik pada saluran lain.

Meridian dibagi menjadi kelompok Yin dan Yang. Meridian Yin pada lengan adalah: Paru, Jantung, dan Selaput Jantung. Meridian Yang pada lengan adalah: Usus Besar, Usus Kecil, dan Tri Pemanas (San Jiao). Meridian Yin pada kaki adalah Limpa, Ginjal, dan Hati. Meridian Yang pada kaki adalah Perut, Kandung Kemih, dan Kandung Empedu.

Duabelas Meridian Utama yang menghubungkan organ tubuh kita:
1.    Meridian Paru (di jalurnya ada 11 pasang titik akupunktur)
2.    Meridian Usus Besar (di jalurnya ada 20 pasang titik akupunktur)
3.    Meridian Lembung (di jalurnya ada 45 pasang titik akupunktur)
4.    Meridian Limpa (di jalurnya ada 21 pasang titik akupunktur)
5.    Meridian Jantung (di jalurnya ada 9 pasang titik akupunktur)
6.    Meridian Usus Kecil (di jalurnya ada 19 pasang titik akupunktur)
7.    Meridian Kandung Kemih (di jalurnya ada 67 pasang titik akupunktur)
8.    Meridian Ginjal (di jalurnya ada 27 pasang titik akupunktur)
9.    Meridian Selaput Jantung (di jalurnya ada 9 pasang titik akupunktur)
10.    Meridian Tri Pemanas (di jalurnya ada 23 pasang titik akupunktur)
11.    Meridian Empedu (di jalurnya ada 44 pasang titik akupunktur)
12.    Meridian Hati (di jalurnya ada 14 pasang titik akupunktur)





Delapan Meridian Ekstra adalah (奇经八脉; qi jing ba mai):
1. Meridian Pengarah (Ren Mai) - 任脉 [ren mai] (di jalurnya ada 24 titik akupunktur)
2. Meridian Pengurus (Du Mai) - 督脉 [du mai] (di jalurnya ada 28 titik akupunktur)
3. Meridian Penembus (Chong Mai) - 冲 脉 [chong mai]
4. Meridian Pengikat (Dai Mai) - 带 脉 [dai mai]
5. Meridian Penghubung Ying (Yin Wei Mai) - 阴 维 脉 [Yin Wei mai]
6. Meridian Penghubung Yang (Yang Wei Mai) - 阳 维 脉 [Yang Wei mai]
7. Meridian Ying Pada Tumit (Yin Qiao Mai) - 阴 蹻 脉 [yin Qiao mai]
8. Meridian Yang Pada Tumit (Yang Qiao Mai) - 阳 蹻 脉 [Yang Qiao mai]




Diterjemahkan dan dikompilasi oleh Taukenio Kedai dari:

- http://erabaru.net/kesehatan/34-kesehatan/1386--ilmu-totok-titik-akupuntur-q-dapat-mengobati-dan-membunuhq-
- http://id.wikipedia.org/wiki/Meridian_(akupunktur)
- http://en.wikipedia.org/wiki/Meridian_(Chinese_medicine)

http://www.facebook.com/notes/kumpulan-cersil-kedai-arak-di-kaki-gunung/ilmu-menotok-jalan-darah-tiam-hiat-hoat/388217844539131 










2 komentar:

petrus mengatakan...

salam kenal, saya Petrus ,tolong tanya dimana bisa belajar ilmu totok jalan darah ?

Terima kasih.

Herry mengatakan...

untuk saaat ini mungkin harus belajar ke sinse akupuntur...