Kamis, 09 Agustus 2012

Zhang Sam Fong



Cerita legendaris Zhang San Fong sangat banyak, meskipun penuh keajaiban, bagaimanapun juga ini telah membuktikan bahwa Beliau memang pernah hidup di Tiongkok, dan sangat populer pada masa dinasty Ming.

Ada cerita bahwa Zhang San Fong pernah hidup kembali setelah meninggal. Catatannya begini: Ketika Zhang San Fong menyebarkan ajaran Agama TAO di BAO CI CIN DAI KUAN, pernah mengatakan bahwa bebera
pa hari kemudian beliau akan meninggal, nah pas pada hari tsb, beliau meninggal, maka para muridnya memasukkan jasadnya kedalam peti dan diadakan upacara ritual,...... Ketika sampai pada hari akan dikubur, para muridnya mendengar ada suara dari dalam peti, setelah petinya dibuka, ternyata Zhang San Fong telah hidup kembali.

Setelah itu keberadaan Zhang San Fong sulit diketahui orang, karena beliau telah melakukan perjalanan kemana-mana menikmati keindahan dan keagungan alam semesta sambil menyebarkan Agama TAO dan Ilmu silat Dai Chi Juan kepada orang yang mempunyai kejodohan dengan kehadiran beliau saja, pihak kerajaan beberapa kali melakukan pencarian tapi tetap tidak bisa menemukannya. Ketika beliau nyepi di gunung Butong pernah meramal bahwa: Gunung ini akan sangat ramai kelak. Dan memang pada tahun 1412 (Yong Lok), Raja Ming Jen Cu memerintahkan untuk membangun banyak kelenteng, Tao Kuan dan bangunan2 lainnya, dan gunung Butong menjadi sangat terkenal dan ramai sampai sekarang.

Dalam Agama TAO, Zhang San Fong termasuk tokoh yang menekankan pentingnya 'ilmu Kedewaannya' (Berusaha jadi Dewa), beliau menulis banyak buku2 TAO misalnya: Zien Ci Chek Chiang; Zien Yiau Bien dll. Menurut Hwang Sik Ling (Dinasty Qing) dan Luk Shi Shing (Dinasty Ming) mengatakan bahwa Zhang San Fong merupakan pewaris Zhang Thien Zhe, jadi kalau dirunut guru2nya maka bisa diketahui bahwa guru2 beliau adalah: Huo Long (Tuan Naga Api)> Zhi Yi > Ma Yi (Tuan Berbaju Jerami) > Wen Zhe (Tuan Yi Shi) dan sampai ke LAO CE. Begitu terkenalnya Zhang San Fong ini, sampai2 beberapa raja Dinasty Ming yang berusaha mendapatkan obat awet muda, berusaha mencari beliau dengan memberikan gelar2 'Dong Wei Shien Hua Cen Ren';'Qing Shi Yen Miao Cen Cin' dsb banyak sekali, namun Zhang San Fong tetap tidak bergeming dengan rayuan keduniawian yang wah itu. Beliau tetap memilih berkelana bagaikan Dewata.

- Zhang San Fong merupakan pendiri Butongpay, beliau menurunkan ilmu pengobatan dan ilmu silatnya kepada para murid2nya, serta mengajarkan Agama TAO kepada para pengikutnya, karena itu murid2 Butongpay juga disebut sebagai TAO ZHE. Zhang San Fong juga merupakan pencipta Dai Chi Juen (Chung Hua Wu Shuk) yang telah mengharumkan nama Tiongkok. Menurut Ahli Dai Chi Juen (Go Che Qing), semua aliran2 Dai Chi Juen adalah berasal dari Zhang San Fong. Sedang Wang Yi Yang mengatakan: dari aliran2 Kung Fu yang ada, maka dapat dibagi: Sao Lim sebagai aliran Wai Chia / Tenaga Luar / Keras, sedangkan Butong Zhang San Fong sebagai aliran Nei Chia / Tenaga Dalam /Lembut. Ini membuktikan bahwa Zhang San Fong sangat berjasa dalam mengembangkan Ilmu Silat Asli Tiongkok.(Jadi nggak pake meniru-niru lho!) ....... he... he...he

Tidak ada komentar: